JURNAL
E-GOVERNMENT INDONESIA DAN AMERIKA
Ryan Adhitya Nugraha
1151500038
Teknik Informatika
Institut Teknologi Indonesia
Jl. Raya
Puspiptek Serpong, Tangerang, Banten 15320
Email: rayxvil97@gmail.com,
rayxvil97@hotmail.com
ABSTRAK
Pada jaman sekarang ini perkembangan teknologi sangat pesat, begitu juga
pada informasi, sekarang informasi tidak hanya bisa dilihat dari TV saja namun
sekarang bisa mencari melalui internet. Informasi menjadi kebutuhan manusia
pada zaman modernisasi. Di pemerintahan, kebutuhan informasi sangat dibutuhkan
untuk melayani masyarakat dan untuk menjalankan tugas pada sistem pemerintahan.
Oleh Karena itu, pemanfaatan teknologi informasi di pemerintahan sangat amat
penting untuk meningkatkan responsibilitas efektivitas, efesiensi,
aksesibilitas dan kenyamanan untuk melayani masyarakat maupun untuk melakukan
pengaduan masyarakat ke lembaga yang terkait. Pemanfatan teknologi informasi dapat
memungkinkan pemerintah dapat menyediakan, memberikan informasi fakta beserta
dengan bukti, dalam E-government pemerintah bisa berinteraksi dengan masyarakat
(Government-to-Citizen), bisnis untuk pemasaran produk dan jasa dalam tingkat
pemerintahan (Business-to-Goverment) untuk melayani pelanggan yang sedang
mengadukan masalah ke instansi pemerintahan yang terkait
(Government-to-Customer) dan antar pemerintah (Government-to-Government).
Kata Kunci : E-Government,
informasi, pemerintah
1. PENDAHULUAN
Kemajuan teknologi informasi pada saat ini telah memberikan
manfaat bagi masyarakat. Segala aspek bidang saat ini sangat memerlukan
teknologi informasi, salah satunya adalah pelayanan instansi pemerintahan
kepada masyarakat, pemerintah diwajibkan untuk bisa melaksanakan tugasnya dalam
melayani dan mensejahterakan masyarakatnya secara efisien, efektif, transparan
dan akuntabel. Oleh karena itu sekarang ada pemerintahan yang bersifat
elektornik atau biasa disebut dengan e-Government. Dengan adanya e-government,
pelayanan bisa lebih cepat dan praktis, karena jumlah penduduk yang semakin lama
semakin banyak setiap harinya. Dalam
membuat situs e-Government pun banyak terjadi kendala dan perdebatan, biasanya
karena tampilan web tidak interaktif atau friendly user, dan yang paling sering
masalah biaya. Banyak yang melakukan korupsi pada projek pembuatan website
instansi pemerintahan tersebut, dan setelah website tersebut di buat biasanya
dalam beberapa bulan atau beberapa tahun kedepan website tersebut di tinggalkan
dan tidak berfungsi lagi sebagai penyedia layanan publik.
2. PEMBAHASAN
A. Pengertian
Dalam wikipedia E-Government diartikan sebagai penggunaan teknologi informasi oleh
pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan
bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government
dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk
meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses
kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah
Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business
(G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan
dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas
yang lebih baik dari pelayanan publik.
Penggunaan E-Goverment
menjadi sangat popular sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi. Berbagai Negara dibelahan dunia berlomba mengimplementasikan
E-Government dengan strategi yang disesuaikan dengan kondisi sosial politik
serta geografisnya masing-masing, yang tujuan akhirnya diharapkan meningkatkan
kualitas kinerja pemerintah terutama dalam lingkup pelayanan masyarakat
sehingga dapat bermanfaat bagi segenap warga negaranya.
B.
Aplikasi E-Government
Ada beberapa aplikasi E-Government
yaitu :
1.
Government - to - Citizen
Government-to-Citizen (G2C) merupakan aplikasi pengembangan
e-government yang paling umum, yaitu dimana pemerintah membangun dan menerapkan
berbagai portofolio teknologi informasi dengan tujuan utama untuk memperbaiki
hubungan interaksi dengan masyarakat.
2.
Government – to – Business
Government-to-Business
(G2B) merupakan aplikasi untuk membantu tugas utama dari sebuah pemerintahan
membentuk sebuah lingkungan bisnis yang kondusif agar roda perekonomian sebuah
negara dapat berjalan sebagaimana mestinya
3.
Government – to – Government
Government –
to – Government merupakan aplikasi untuk meningkatan kebutuhan bagi
Negara-negera untuk saling berkomunikasi secara lebih intens dari hari kehari
tidak hanya berkisar ada hal-hal yang berbau diplomasi semata, namun lebih jauh
lagi untuk memperlancar kerjasama antar instansi negara.
4. ISI
A.
Perbandingan E-Government Indonesia
dan Amerika
1.
TAMPILAN WEBSITE
2. TABEL PERBANDINGAN
BAGIAN
|
INDONESIA.GO.ID
|
USA.GOV
|
Tampilan
|
Tampilan
indonesia.go.id pada halaman awal terlalu banyak tulisan, terlalu monoton
dengan hanya mengandalkan warna merah, namun sudah cukup efektif dengan
tombol navigasinya
|
Tampilan
usa.gov lebih menarik dan ringkas tidak banyak tulisan dan memudahkan dalam
pencarian navigasi
|
Navigasi
|
-
Lembaga Negara
-
Kementrian
-
Setingkat Menteri
-
Pemerintah Daerah
-
LPNK
-
Perwakilan Negara
-
BUMN
-
Buku profil LN dan LNS
|
-
Government Agency and Elected
Officials
-
Health
-
Housing And Community
-
Jobs and Unemployment
-
Money And Shopping
-
Travel And Immigration
-
More Services (About the
U.S,Education,Benefits,Grant,
Loan,Military,Law)
|
Update Artikel
|
Cukup up to
Date dalam pemberian informasi kepada publik
|
Informasi yang
di berikan lengkap tetapi masih kurang dalam mengupdate berita dalam negeri
|
Layanan Publik
|
Layanan publik di website indonesia
sudah lengkap tetapi pemberian informasi kepada publik masih kurang
|
Pemberian layanan publik di usa.gov
sangat lengkap dari masalah pencarian pekerjaan, keuangan, keuangan, sampai
ddengan imigrasi
|
Aspirasi Publik
|
Tidak ada
wadah untuk mengumpulkan aspirasi masyarakat hanya bisa menghubungi nomor
yang telah tertera di website
|
Tidak ada
wadah aspirasi untuk rakyat tetapi bisa memberikan pengaduan secara langsung
pada usa.gov dengan mengklik “chat with usa.gov” yang berada di bagian paling
bawah website, ada email dan nomor telpon yang tertera juga
|
Transparansi
|
Indonesia sangat transparan dalam
website indonesia.go.id semua informasi tentang kenegaraan,hukum, dan
pariwisata indonesia ada di website. Dan ada direct link website indonesia
wonderfull memperkenalkan keindahan alam yang ada di indonesia
|
Amerika juga transparan dalam websitenya tetapi tidak
semua informasi di cantumkan di website tersebut.
|
5. KESIMPULAN
Dalam perbandingan di atas dapat terlihat perbedaan antara
indonesia.go.id dan usa.gov baik dalam segi tampilan maupun isi indonesia masih
kurang menarik dari pada amerika serikat, tetapi indonesia sangat transparan
dalam memperkenalkan budaya maupun pariwisata kepada dunia internasional, namun
tujuan dan penerapan, manfaat dalam pengembangan e-government belum sepenuhnya
terlaksanakan. Sampai saat ini layanan portal yang dimiliki oleh hampir semua
lembaga pemerintah sangat minim,
administrator web hanya melakukan update berdasarkan informasi yang sedang
marak beredar yang di ambil dari surat kabar, maupun internet.
6. SARAN
Pemerintah harus serius menanggani tentang e-government ini,
jangan hanya membuang-buang dana anggaran untuk membuat website. Harus selalu
update tentang masalah yang terjadi, tidak meninggalkan website begitu saja
tanpa ada tanggung jawab yang jelas dari instansi yang terkait. Mengupdate
berita harus memiliki bukti dan sumber yang jelas.
7. DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar